RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP MGMP
Seni Budaya Indonesia
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas/semester :
VII/Satu
Materi Pokok :
Gerak Tari
Alokasi Waktu : 4 pertemuan (12 JP)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima, menanggapi, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan
motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan faktual,
konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak
(menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1.
Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari daerah sebagai bentuk rasa
syukur terhadap anugerah Tuhan
|
1.1.1. Menerima
keragaman dan keunikan seni tari daerah di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa
1.1.2. Menghargai keragaman dan
keunikan seni tari di Indonesia sebagai suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha
Esa
|
|
2.1
Menunjukkan sikap menghargai orang lain, jujur,
disiplin, melalui aktivitas berkesenian
|
2.1.1. Menghargai orang lain dalam aktivitas berkesenian
2.1.2. Mengekspresikan ide dan perasaannya secara jujur dalam aktivitas berkesenian
2.1.3. Mengikuti aktivitas kesenian secara disiplin
|
3
|
3.1. Memahami gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga
|
3.1.1.Menjelaskan
konsep tenaga, ruang, dan waktu dalam tari.
3.1.2. Mengidentifikasi contoh gerak tari daerah
berdasarkan konsep tenaga, ruang, dan waktu.
|
4
|
4.1.Melakukan
gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga
|
4.1.1.Memperagakan
gerak tari dengan ruang gerak yang luas dan ruang gerak yang kecil
4.1.2.Memperagakan gerak tari dengan tempo cepat dan lambat
4.1.3.Memperagakan
gerak tari dengan intensitas, aksen,
dan kualitas gerak yang bervariasi.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.
menunjukkan sikap menerima
keragaman dan keunikan seni tari daerah di Indonesia sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa.
2.
menunjukkan sikap menghargai terhadap keragaman dan keunikan seni tari di
Indonesia sebagai suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.
3.
menunjukkan sikap menghargai
pendapat dan konstribusi orang
lain.
4.
menunjukkan sikap jujur dalam mengekspresikan ide dan perasaannya.
5.
menunjukkan sikap disiplin dalam mengikuti kegiatan-kegiatan kelompok
6.
mengidentifikasi elemen-elemen komposisi tari
7.
mengidentifikasi ciri-ciri gerak tari daerah
Pertemuan 2
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.
menunjukkan sikap menghargai pendapat orang lain.
2.
mengekspresikan ide dan perasaannya secara jujur dan
orisinil.
3.
menunjukkan perilaku disiplin dalam mengikuti
kegiatan-kegiatan kelompok
4.
membedakan
foto gerak estetis dan fungsional.
5.
menunjukkan gerak dengan tempo yang cepat dan lambat.
6.
menjelaskan hubungan antara aksen gerak dan dinamika
gerak.
7.
menunjukkan gerak dengan ruang yang sempit dan luas.
Pertemuan 3
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.
menunjukkan sikap menghargai pendapat orang lain.
2.
mengekspresikan ide dan perasaannya secara jujur dan
orisinil.
3.
menunjukkan sikap disiplin dalam mengikuti
kegiatan-kegiatan kelompok
4.
memeragakan
gerak tari secara kelompok
dengan ruang gerak yang luas dan kecil dengan property tari yang ada di lingkungannya.
5.
memeragakan
gerak tari secara kelompok dengan
tempo cepat dan lambat.
Pertemuan 4
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.
menunjukkan sikap menghargai pendapat orang lain.
2.
mengekspresikan ide dan perasaannya secara jujur dan
orisinil.
3.
menunjukkan sikap disiplin dalam mengikuti
kegiatan-kegiatan kelompok
4.
memeragakan
gerak tari dengan intensitas, aksen, dan kualitas gerak secara variatif.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Keragaman Tari di Indonesia
·
Elemen-elemen komposisi tari
·
Ciri-ciri gerak tari daerah
Pertemuan 2
Elemen-elemen Dasar Tari
·
Gerak Estetis dan Gerak Fungsional
·
Ruang
·
Waktu
·
Tenaga
Pertemuan 3
Memeragakan Gerak Dasar Tari
·
Ruang Gerak Luas dan Sempit
·
Gerak dengan Tempo Cepat dan Lambat
Pertemuan 4
Memeragakan Gerak Dasar
·
Intensitas, Aksen, dan Kualitas Gerak
E. METODE PEMBELAJARAN
Metode Saintifik
Pembelajaran Kooperatif
F. SUMBER BELAJAR
Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2013. Seni Budaya. Buku Siswa.
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan halaman 84-93
Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2013. Seni Budaya. Buku
Guru. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan halaman 84-93
Guru sebagai nara sumber
G. MEDIA PEMBELAJARAN
Video Pembelajaran Keragaman Tari
Daerah di Indonesia
Video Tari Lepas Daerah
Setempat
Foto-foto tari
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
a. Pendahuluan (10 menit )
· Guru memimpin doa dan melakukan presensi
· Guru melakukan apersepsi dengan tanya jawab sekitar wawasan seni tari
daerah setempat
· Guru memberikan motivasi dengan
cara menunjukkan kelebihan tari-tari daerah di Indonesia
· Guru menyampaikan cakupan materi sesuai dengan
silabus
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan
inti (100 menit)
Mengamati
·
Peserta didik menonton video pembelajaran tentang keragaman
tari di Indonesia untuk melihat keanekaragaman tari daerah di Indonesia
·
Peserta didik mencatat elemen-elemen atau aspek-aspek
tari yang membedakan antara tari yang satu dengan yang lain.
Menanya
·
Peserta didik merumuskan elemen/aspek tari yang paling
menonjol sebagai pembeda antara tari daerah satu dengan yang lain
Mencoba
·
Peserta didik berkelompok menurut kesamaan minat terhadap
tari daerah yang ditawarkan oleh guru.
·
Peserta didik secara kelompok mengeksplorasi ciri-ciri
gerak kepala, tangan, kaki, badan, dan ekspresi muka tari daerah yang
ditontonnya melalui video
Menalar
· Peserta
didik secara kelompok mencoba
mengidentifikasi ciri-ciri gerak tari daerah berdasarkan tayangan video
pembelajaran
Menyaji
· Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas
·
Umpan balik terhadap hasil presentasi kelompok
c. Penutup
(10 menit)
·
Peserta didik dan guru bersama-sama menyimpulkan
pelajaran
·
Guru memberikan tugas rumah untuk mengamati tari yang hidup di sekitar tempat tinggal peserta
didik
·
Menutup
pelajaran dengan doa dan salam
Pertemuan 2
a.
Pendahuluan (15 menit )
·
Guru mengawali
pelajaran dengan salam, berdoa dilanjutkan dengan presensi
·
Guru
melakukan apersepsi dengan tanya jawab tentang materi sebelumnya dan meminta
peserta didik menceritakan hasil pengalamannya dalam mengamati tari di sekitar
tempat tinggalnya.
·
Guru
memberikan motivasi kepada peserta
didik dengan cara memberikan penguatan pada pengalaman peserta didik
·
Peserta didik dan guru menyepakati tujuan
pembelajaran
b.
Kegiatan inti (95 menit)
·
Peserta
didik membagi diri ke dalam delapan
kelompok yang anggotanya terdiri dari 4 orang,
·
Pembagian
LKS dan buku siswa
·
Peserta
didik memperhatikan penjelasan tentang definisi gerak estetis dan fungsional,
ruang dalam tari, waktu dalam tari, dan tenaga dalam tari, serta mencermati tugas
yang harus dilakukannya
·
Peserta
didik mengamati dua video tari secara
bersama-sama (bila memungkinkan, setiap kelompok mengamati tari yang berbeda) sesuai
tugasnya masing-masing
§
Anggota 1 :
Gerak estetis dan gerak fungsional
§
Anggota 2 :
Konsep ruang dalam tari
§
Anggota 3 :
Konsep waktu dalam tari
§
Anggota 4 : Konsep tenaga dalam tari
·
Peserta
didik mencoba mengidentifikasi ciri-ciri gerak estetis dan gerak fungsional, serta menjelaskan konsep ruang, waktu, dan
tenaga.
·
Pertemuan
antar ahli (jigsaw) yang amatannya sama untuk merumuskan konsep gerak estetis
dan fungsional, ruang, waktu, tenaga.
·
Presentasi
kelompok dan tanya jawab
·
Mengerjakan
kuis secara individual
·
Memberikan
penghargaan (recognisi) pada kelompok yang terbaik
c.
Penutup
(10 menit)
·
Menyusun
kesimpulan bersama-sama
·
Guru memberikan tugas untuk membawa property yang berasal dari
lingkungan sekitar pada minggu berikutnya
·
Menutup
pelajaran dengan doa dan salam
Pertemuan 3
a.
Pendahuluan (10 menit )
·
Guru membuka pelajaran dengan salam, berdoa, dilanjutkan
melakukan presensi
·
Guru melakukan apersepsi dengan tanya jawab tentang
materi sebelumnya
·
Guru mengecek tugas membawa property yang diberikan pada
peserta didik pada minggu sebelumnya
·
Guru memberikan penguatan terhadap apa yang telah
dilakukan peserta didik
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan inti (100 menit)
Mengamati
·
Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru tentang pengertian gerak dengan ruang yang
luas, gerak dengan ruang yang sempit, gerak dengan tempo cepat, dan gerak
dengan tempo lambat.
·
Peserta didik dengan didampingi guru membagi kelas
menjadi 8 kelompok
Menanya
·
Peserta didik merumuskan ciri-ciri gerak dengan ruang
yang luas, ruang yang sempit, tempo cepat, dan tempo lambat.
Mencoba
·
Peserta didik membagi tugas untuk mencari gerak dengan
kriteria:
a.
Ruang gerak luas tempo lambat
b.
Ruang gerak luas tempo cepat
c.
Ruang gerak sempit tempo lambat
d.
Ruang gerak sempit tempo cepat
Menalar
·
Peserta didik merangkai gerak yang dieksplorasinya
menjadi satu rangkaian gerak
Mencipta
·
Peserta didik menyusun gerak kelompok berdasarkan
rangkaian gerak yang telah disusunnya.
Menyaji
·
Peserta didik meragakan hasil eksplorasi gerak secara
kelompok
·
Umpan balik hasil
penampilan
b.
Penutup
(10 menit)
·
Guru menyampaikan kegiatan minggu berikutnya
·
Menutup pelajaran dengan doa dan salam
Pertemuan 4
a. Pendahuluan
·
Guru membuka pelajaran dengan salam, berdoa, dilanjutkan
melakukan presensi
·
Guru melakukan apersepsi dengan membahas materi
sebelumnya
·
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan
memberi penguatan pada pengalaman peserta didik
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan
inti (100 menit)
Mengamati
·
Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru tentang pengertian intensitas gerak, aksen
gerak, dan kualitas gerak
Menanya
·
Peserta didik membagi diri menjadi 6 kelompok
·
Peserta didik menjabarkan konsep intensitas gerak, aksen
gerak, dan kualitas gerak dalam bentuk konsep gerak mengalun, patah-patah, dan
gerak biasa.
Mencoba
·
Peserta didik secara sendiri-sendiri membuat satu gerak dengan
aksen mengalun, patah-patah, dan biasa dengan
intensitas dan kualitas gerak yang berbeda
Menalar
·
Peserta didik merangkai gerak yang diciptakannya menjadi
satu rangkaian gerak
Mencipta
·
Peserta didik secara kelompok membuat gerak tari kelompok
sederhana berdasarkan rangkaian gerak yang telah dibuatnya.
Menyaji
·
Peserta didik memeragakan hasil karya geraknya secara
kelompok
·
Umpan balik hasil penampilan
c.
Penutup
(10 menit)
·
Guru menyampaikan kegiatan minggu berikutnya
·
Menutup pelajaran dengan doa dan salam
I. PENILAIAN
1.
Sikap spiritual
a. Teknik Penilaian: Penilaian
Diri
b. Bentuk Instrumen: Skala Sikap
Model Likert
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Jumlah
Butir
Instrumen
|
|
Menerima
|
4
|
|
Mengapresiasi
|
4
|
Jumlah
|
8
|
Instrumen: lihat Lampiran 1
2.
Sikap Sosial
a. Teknik Penilaian: Observasi
b. Bentuk Instrumen: Lembar
Observasi
c.
Kisi-kisi
No.
|
Aspek Sikap
|
Indikator
|
1
|
Menghargai orang lain
|
a. Menghargai pendapat/kontribusi teman lain
b. Tidak memaksakan kehendak
|
2
|
jujur
|
a. Pendapatnya orisinil tidak meniru
pendapat orang/teman lain
b. Pendapatnya sesuai hasil pengamatan (tidak bohong)
|
3
|
disiplin
|
a.
Hadir pada kegiatan kelompok tepat waktu
b.
Mengikuti kegiatan kelompok dengan tertib
|
Instrumen: Lihat Lampiran 2
3. Pengetahuan
Seni
a. Teknik Penilaian: Tes
Objektif
b. Bentuk Instrumen: Uraian
c. Kisi-kisi:
No.
|
Materi
|
Aspek
Kognitif
|
Bentuk
Soal
|
|||||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
MC
|
Uraian
Terbatas
|
Uraian
Bebas
|
||
1
|
Elemen Utama
Tari
|
v
|
2
|
|||||||
2
|
Ciri-ciri
Gerak Tari Daerah
|
v
|
1
|
|||||||
3
|
Gerak estetis
dan Fungsional
|
v
|
2
|
|||||||
4
|
Ruang
|
v
|
2
|
|||||||
5
|
Waktu
|
v
|
1
|
|||||||
6
|
Tenaga
|
v
|
1
|
|||||||
Jumlah
|
6
|
6
|
2
|
1
|
Instrumen: Lihat Lampiran
3
4. Keterampilan
mencipta gerak
a.
Teknik
Penilaian: Observasi
b.
Bentuk
Instrumen: Lembar Pengamatan
c.
Kisi-kisi:
NO
|
Aspek Penilaian
|
Sub Aspek Pengamatan
|
Deskriptor
|
1
|
Aksen Gerak
|
Gerak
mengalun
|
Gerak
yang halus sambung menyambung
|
Gerak
patah-patah
|
Gerak
yang cepat, tegas, dengan ada saat diam pada setiap fase
|
||
Gerak biasa
|
Gerak
yang natural seperti keseharian
|
||
2
|
Ruang Gerak
|
Ruang gerak
Luas
|
Gerakannya
banyak menggunakan lengan, atau dengan property
panjang, dengan langkah-langkah kaki yang lebar
|
Ruang gerak
sempit
|
Gerakannya
banyak menggunakan lengan yang tertutup, tanpa property atau propertynya
kecil dengan langkah-langkah kaki yang kecil
|
||
3
|
Waktu
|
Gerak cepat
|
Gerak
yang dilakukan dalam tempo yang singkat
|
Gerak lambat
|
Gerak
yang dilakukan dalam tempo yang relatif lama
|
Instrumen:
lihat Lampiran 4
Indonesia , 15
Juli 2013
Mengetahui
Kepala SMP MGMP Seni Budaya Indonesia Guru
Mata Pelajaran
________________________ Nurul Fatah
NIP. ... NIP.
Lampiran 1: Instrumen Penilaian Diri Sikap Spiritual
Nama :
______________________________
Kelas :
______________________________
Petunjuk
Berilah tanda silang (X) sesuai dengan kondisi diri Anda.
Keterangan
SS : Sangat Setuju
S : Setuju
TS : Tidak Setuju
STS : Sangat Tidak Setuju
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
|
1
|
Keanekaragaman seni tari daerah di Indonesia merupakan anugerah Tuhan
Yang Maha Esa yang patut disyukuri
|
SS S TS
STS
|
2
|
Keanekaragaman seni tari di Indonesia mengurangi semangat nasionalisme
|
SS S TS
STS
|
3
|
Saya bersyukur menjadi bangsa Indonesia yang memiliki budaya seni tari
yang unik dan beragam
|
SS S TS
STS
|
4
|
Saya termotivasi untuk mempelajari tari-tarian daerah di Indonesia
|
SS S TS
STS
|
5
|
Saya akan berupaya melestarikan tari-tarian daerah di Indonesia
|
SS S TS
STS
|
6
|
Saya bangga memiliki seni tari daerah yang unik dan beraneka ragam
|
SS S TS
STS
|
7
|
Tari-tarian di Indonesia mengandung nilai-nilai yang luhur yang perlu
dilestarikan
|
SS S TS
STS
|
8
|
Tari-tarian di Indonesia merupakan warisan budaya yang dikagumi
masyarakat mancanegara.
|
SS S TS
STS
|
Rata-rata
|
..................................
|
Keterangan Skor:
Pernyataan
mendukung sikap (V) :
SS = 4
S =
3
TS = 2
STS = 1
Pernyataan
tidak mendukung sikap (AV)
SS = 1
S =
2
TS = 3
STS = 4
Lampiran 2 : Instrumen Pengamatan
Sikap Sosial
Nama : ________________________________
Kelas : ________________________________
PETUNJUK
Berilah tanda
silang (X) pada :
4 : selalu
3 : sering
2 : kadang-kadang
1 : tidak pernah
No.
|
Aspek
Sikap
|
Indikator
|
Skor
|
Rata-rata
|
|||
1
|
Menghargai orang lain
|
·
Menghargai
pendapat/kontribusi teman lain
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
·
Tidak memaksakan kehendak
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
2
|
jujur
|
·
Pendapatnya orisinil tidak meniru pendapat orang/teman
lain
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
·
Pendapatnya sesuai hasil
pengamatan (tidak bohong)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
3
|
disiplin
|
·
Hadir pada kegiatan
kelompok tepat waktu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
·
Mengikuti kegiatan kelompok
dengan tertib
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Rata-rata
|
...............,
..............................
Observer
(-------------------------------------------------
)
Lampiran 3: Tes Pengetahuan Tari
LEMBARAN SOAL
A. Jawablah secara singkat pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Aspek-aspek utama apa sajakah
yang membedakan tari daerah yang satu dengan yang lain?
2. Aspek apakah yang menjadi aspek
pembeda paling menonjol antara tari daerah yang satu dengan yang lain
3. Identifikasilah ciri-ciri gerak
kepala, tangan, kaki, badan, dan ekspresi muka pada tari Bali, Jawa,
Minangkabau, dan Irian (sesuai pilihan peserta didik)?
Blangko pengamatan Ciri-ciri Gerak Tari Daerah
Nama Tari : _________________
Asal Daerah : _________________
NO
|
Aspek Gerak
|
Ciri-ciri gerak
|
1
|
Kepala
|
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
|
2
|
Tangan
|
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
|
3
|
Kaki
|
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
|
4
|
Badan
|
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
|
5
|
Ekspresi
|
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
|
B. Pilihlah salah satu jawaban yang Anda
anggap paling tepat!
1. Perhatikan gambar-gambar berikut ini. Tentukan manakah yang paling dekat
dengan konsep gerak estetis?
a.
|
b.
|
c.
|
d.
|
2. Berdasarkan gambar-gambar berikut ini, manakah yang paling dekat dengan
konsep gerak fungsional?
a
|
b
|
c
|
d
|
3. Berdasarkan gambar-gambar berikut ini, manakah yang paling dekat dengan
konsep gerak dengan tempo lambat:
a
|
b
|
c
|
d
|
4. Gerak tari dengan aksen patah-patah atau mengalun mempunyai pengaruh pada
aspek:
a. tempo b. dinamika c. Kualitas gerak d. Intensitas gerak
5. Manakah yang memerlukan ruang gerak yang lebih luas?
a
|
b
|
c
|
d
|
6. Perhatikan
propertynya, manakah yang memerlukan ruang gerak yang lebih sempit?
a
|
b
|
c
|
d
|
Kunci Jawaban A
1. Aspek-aspek utama dalam tari:
·
Gerak
·
Iringan
·
Tata rias
·
Tata busana
·
Tata pentas
2. Aspek utama
yang menjadi pembeda antara tari daerah yang satu dengan yang lain adalah
gerak.
Kunci Jawaban B
1. b
2. c
3. c
4. b
5. a
6. c
Lampiran 4: Lembar Pengamatan Karya Gerak Tari
Nama Kelompok : ____________________
Kelas :
____________________
Keterangan
1
= kualitas kurang
2
= kualitas cukup
3
= kualitas baik
4
= kualitas sangat baik
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Deskriptor
|
Skor
|
1
|
Gerak
mengalun
|
Gerak yang
halus sambung menyambung
|
1 2
3 4
|
2
|
Gerak patah-patah
|
Gerak yang
cepat, tegas, dengan ada saat diam pada setiap fase
|
1 2
3 4
|
3
|
Gerak biasa
|
Gerak yang
natural seperti keseharian
|
1 2
3 4
|
4
|
Ruang gerak
Luas
|
Gerakannya
banyak menggunakan lengan, atau dengan property
panjang, dengan langkah-langkah kaki yang lebar
|
1 2
3 4
|
5
|
Ruang gerak
sempit
|
Gerakannya
banyak menggunakan lengan yang tertutup, tanpa property atau propertynya
kecil dengan langkah-langkah kaki yang kecil
|
1 2
3 4
|
6
|
Gerak cepat
|
Gerak yang
dilakukan dalam tempo yang singkat
|
1 2
3 4
|
7
|
Gerak lambat
|
Gerak yang
dilakukan dalam tempo yang relatif lama
|
1 2
3 4
|
Rata-rata
|
-
.................
|
...............,
..............................
Observer
( )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar