Jumat, 04 April 2014

Contoh RPP Seni Tari 2 SMP Kurikulum 2013




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan : SMP MGMP Seni Budaya Indonesia
Mata Pelajaran        : Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas/semester       : VII (tujuh) / 2 (dua)
Materi Pokok            : Memeragakan Gerak Tari
Alokasi Waktu          : 3 pertemuan (9 JP)

A.  Kompetensi Inti
1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1 Menerima, menanggapi dan  menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
1.1.1 Menerima keragaman dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
1.1.2 Menanggapi  keragaman dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
1.1.3 Menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai, jujur,disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.1.1 Menghargai orang lain dalam aktivitas berkesenian
2.1.2 Mengekspresikan ide dan perasaan secara jujur  dalam aktivitas berkesenian 
2.1.3 Mengikuti aktivitas berkesenian secara disiplin
3
3.3 Memahami  gerak tari   sesuai level, dan pola lantai  sesuai iringan
3.3.1 Menjelaskan pengertian level pada tari
3.3.2 Menjelaskan pengertian pola lantai pada tari
3.3.3 Menjelaskan pengertian level dan pola lantai sesuai iringan
4
4.3 Memperagakan  gerak tari   berdasarkan level, dan pola lantai  sesuai iringan
4.3.1 Mempraktekkan  gerak tari dengan menggunakan level
4.3.2 Mempraktekkan gerak tari dengan menggunakan pola lantai
4.3.3 Menciptakan  gerak tari sesuai dengan  iringan
4.3.4 Mengombinasikan gerak tari  dengan  level dan pola lantai
C. Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.        menerima keragaman dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan dengan baik.
2.        memberikan tanggapan  pada keragaman dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan dengan baik
3.        menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan dengan baik
4.        menjelaskan pengertian level pada tari dengan benar
5.        menjelaskan pengertian pola lantai pada tari dengan benar.
6.        menjelaskan pengertian level dan pola lantai sesuai iringan dengan baik
7.        mempraktekkan  gerak tari dengan menggunakan level dengan tepat
8.        mempraktekkan gerak tari dengan menggunakan pola lantai dengan tepat

Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.     menciptakan  gerak tari sesuai dengan  iringan  
2.     menghargai orang lain dalam aktivitas berkesenian dengan baik
3.     mengekspresikan ide dan perasaan secara jujur  dalam aktivitas berkesenian 
4.     mengikuti aktivitas berkesenian secara disiplin

Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.     mengombinasikan gerak tari  dengan  level dan pola lantai dengan baik
2.     menghargai orang lain dalam aktivitas berkesenian dengan baik
3.     mengekspresikan ide dan perasaan secara jujur  dalam aktivitas berkesenian 
4.     mengikuti aktivitas berkesenian secara disiplin


D.    Materi Pembelajaran 
1.  Pertemuan 1
Materi             :  Memeragakan Gerak Tari
Sub Materi     :   - Pengertian gerak tari
-  Pengertian Level pada Tari
-  Pengertian Pola Lantai Pada Tari
-  Praktek membuat level dan pola lantai pada tari
2.  Pertemuan 2
Materi             :  Memeragakan Gerak Tari
Sub Materi     :  Membuat  gerak Tari  sesuai dengan iringan

3.  Pertemuan 3
Materi             :  Memeragakan Gerak Tari (Lanjutan)
Sub Materi     :  Penerapan Level dan Pola lantai Tari sesuai Iringan


E.     Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran: Pembelajaran Ilmiah (Sceintific Method)

F.     Sumber Belajar
Buku Siswa: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013. Seni Budaya. Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bab 12 hal 113-119

G.    Media Pembelajaran
       Media : Video Tari Kreasi Jawa Timur. 2010. Sanggar Tari Trisa

H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran          

Pertemuan 1
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Salam, presensi peserta didik
2.
Guru dan  peserta didik mempersiapkan media audio visual untuk melihat pertunjukan tari.
3.
Guru memotivasi peserta didik melalui tanya jawab tentang pengertian tari dan memberikan kesempatan kepada beberapa peserta didik menceritakan pengalamannya terlibat dalam kegiatan seni tari  di daerah tempat tinggalnya.
4.
Guru memotivasi peserta didik dengan menjelaskan tujuan pembelajaran dan menyampaikan cakupan materi pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran.
Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati
1.
Peserta didik menerima penjelasan tentang pengertian gerak tari, pengertian level dalam tari, pola lantai dalam tari dan  pengertian iringan dalam tari.
2.
Peserta didik melihat video tari kreasi Jawa Timur (tari  Ole Olang yang ditarikan oleh 5 orang penari putri) dengan memperhatikan pada penggunaan level,  pola lantai dan iringan yang digunakan.
3.
Peserta didik diberi kesempatan untuk membaca buku siswa tentang Peragaan Gerak Tari pada bab 12.
4.
Peserta didik memberikan pendapatnya tentang tari Ole Olang yang merupakan salah satu tari kreasi dengan iringan lagu tradisional sebagai salah satu budaya bangsa.
5.
Peserta didik memberikan pendapatnya tentang keragaman dan keunikan tari Ole Olang  dari Jawa Timur  yang dapat dilihat dari pengaturan level, pola lantai dan iringan tarinya.
6.
Peserta didik memberikan apresiasi pada tari Ole Olang sebagai bentuk tari kreasi dengan musik iringan lagu tradisi daerah.
Menanya
1.
Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan tentang pengertian gerak tari berdasarkan level dan  pola lantai pada tari.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan iringan yang dapat digunakan dalam membuat tari.
Mencoba
1.
Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil terdiri dari 4-5 orang dengan diberikan tugas proyek “Menyusun Level dan Pola Lantai Tari”. Tari yang digunakan untuk menyusun level dan pola lantai adalah tari yang telah dikuasai peserta didik pada semester satu.
2.
Peserta didik bersama dengan kelompoknya menentukan satu jenis tari (yang telah diterima pada semester satu tanpa iringan/hanya urutan geraknya) sebagai bahan untuk menyelesaikan tugas membuat level dan pola lantai tari.
3.
Peserta didik (secara berkelompok) mendesain perencanaan tugas dengan menentukan jumlah penari dan property yang akan digunakan.   
3.
Peserta didik (secara berkelompok) membagi tugas tim dan menyusun langkah penyusunan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai. 
4.
Peserta didik secara berkelompok mengeksplorasi bentuk-bentuk pola lantai yang dapat digunakan dengan jumlah penari dan property yang telah ditentukan.
5.
Peserta didik mempraktekkan  gerak tari dengan menggunakan level dan pola lantai secara berkelompok di tempat latihan masing masing.  
Menalar
1
Peserta didik  secara berkelompok mendiskusikan hasil eksplorasi dengan melihat  tiap tahapan level dan pola lantai yang digunakan dalam tari.
2
Peserta didik menentukan level dan pola lantai yang digunakan dalam menyelesaikan tugas kelompok.
Menyaji
1.
Peserta didik secara berkelompok mepresentasikan hasil tugas kelompoknya secara bergantian di depan kelas. Sementara satu kelompok presentasi, kelompok lain mengamati dengan seksama penggunaan level dan pola lantai kelompok lain.
2.
Peserta didik menyampaikan komentarnya tentang penyusunan level dan pola lantai penampilan kelompok lain. 
Mencipta
1.
Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan kelompok tentang penggunaan level dan pola lantai pada kelompoknya. Penulisan laporan dalam bentuk gambar pola lantai yang digunakan dengan penjelasan singkat tentang lintasan yang digunakan.
2.
Peserta didik menyerahkan laporan tertulis sebagai bentuk pertanggungjawaban telah dilakukannya tugas kelompok.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1.
Peserta didik mengisi lembar instrumen evaluasi diri yang telah disusun guru untuk mengetahui pendapat peserta didik tentang keragaman dan keunikan seni tari di Indonesia.
2.
Disamping instrumen evaluasi diri, peserta didik juga menjawab pertanyaan tertulis tentang pengertian level, pola lantai dan iringan  pada tari.
3.
Guru dan peserta didik melakukan refleksi tentang materi pelajaran yang telah dipelajari dan menyimpulkan pengertian level, pola lantai pada tari.








      Pertemuan 2
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

1.
Salam, presensi peserta didik

2.
Peserta didik dimotivasi  dengan maju tiga orang untuk mempraktekkan level dengan menggunakan pola lantai (mengingat materi minggu lalu)

3.
Peserta didik mengungkapkan pendapatnya tentang level dan pola lantai yang dibuat oleh tiga orang teman di depan kelas.

4.
Peserta didik menerima penjelasan tentang tujuan pembelajaran dan cakupan materi pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran.


Kegiatan Inti (100 menit)

Mengamati

1.
Peserta didik menerima penjelasan tentang fungsi iringan dalam tari.

2.
Peserta didik menerima penjelasan tentang gerak tari dan berbagai kemungkinan gerak untuk menyusun dalam satu bentuk tari

3.
Peserta didik secara bersama sama mendengarkan lagu Soleram yang diperdengarkan di depan kelas.

Menanya

1.
Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang ritme lagu Soleram yang akan digunakan sebagai iringan tari pada tugas menyusun tari secara berkelompok.

2.
Peserta didik menanyakan teknik memadukan gerak tari dengan iringan serta berbagai kemungkinan menyusun gerak tari berdasatkan iringan lagu Soleram.

Mencoba

1.
Peserta didik berkelompok dengan jumlah 5-6 orang dengan menentukan sendiri kelompoknya. Peserta didik mendapat tugas membuat gerak tari dengan menggunakan iringan lagu Soleram (tiap kelompok bebas membuat gerak tari sesuai iringan lagu Soleram)
2.
Masing-masing anggota kelompok membuat 2 (dua) ragam gerak tari dengan hitungan 2x8.
3.
Menyusun gerak tari yang telah dibuat oleh masing-masing anggota kelompok dengan menyesuaikan dengan iringan lagu Soleram. Peserta didik bersama kelompoknya mengeksplorasi perpaduan gerak tari dari masing-masing anggota kelompok.
Menalar
1.
Peserta didik mendiskusikan tugas kelompok secara bersama-sama dalam kelompok dengan melihat keunggulan dan kelemahan dalam menyusun gerak tari berdasarkan iringan.
2.
Peserta didik dengan kelompokknya menentukan gerak-gerak tari yang akan digunakan  dan menentukan urutan gerak.
Menyaji
1
Peserta didik secara berkelompok mempraktekkan  gerak tari sesuai dengan iringan di depan kelas secara bergantian.
2.
Peserta didik memperhatikan dengan seksama karya tari kelompok lain.
3.
Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang gerak tari yang digunakan dalam karya tari kelompok lain.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Mencipta
1.
Peserta didik secara berkelompok mendapatkan tugas untuk dikerjakan di rumah yaitu membuat deskripsi ragam gerak tari dengan hitungannya dari ragam pertama sampai ragan terakhir dari karya tari kelomopnya.
2.
Peserta didik bersama guru merangkum hasil pembelajaran hari ini.












      Pertemuan 3
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

1.
Salam, presensi peserta didik

2.
Peserta didik dimotivasi  dengan pertanyaan materi minggu lalu.

3.
Peserta didik menerima penjelasan tentang tujuan pembelajaran dan cakupan materi pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran.

Kegiatan Inti (100 menit)

Mengamati

1.
Peserta didik menerima penjelasan tentang level, pola lantai dan iringan dalam tari

3.
Peserta didik melihat tayangan video tari dan memperhatikan dengan seksama penerapan level dan pola lantai.

Menanya

1.
Peserta didik mendiskusikan tentang bagaimana memadukan level dan pola lantai pada tari

2.
Peserta didik menanyakan teknik memadukan gerak tari dengan iringan

Mencoba

1.
Peserta didik berkelompok dengan jumlah 5-6 orang dengan menentukan sendiri kelompoknya (sama seperti kelompok mencipta tari minggu lalu). Peserta didik mendapatkan tugas mengkombinasikan gerak tari dengan level dan pola lantai dengan materi tari Soleram yang telah disusun pada pertemuan minggu lalu.
2.
Masing-masing anggota kelompok membuat desain pola lantai dengan menggambar di kertas.
3.
Peserta didik secara berkelompok mempraktekkan  tari dengan menggunakan level dan pola lantai pada tari Soleram.
Menalar
1.
Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan kemungkinan terbaik menyusun level dan pola lantai pada tari Soleram.
2.
Peserta didik secara berkelompok menentukan level dan pola lantai yang akan digunakan pada tari Soleran.
Menyaji
1
Peserta didik secara berkelompok mempraktekkan  gerak tari sesuai dengan iringan di depan kelas secara bergantian.
2.
Peserta didik memperhatikan dengan seksama karya kelompok lain dan dapat memberikan pendapatnya tentang karya tari kelompok lain.
Mencipta
1.
Peserta didik (dengan kelompoknya) membuat urutan ragam gerak tari dilengkapi penggunaan level dan pola lantai. Urutan ragam gerak tari telah dideskripsikan pada tugas minggu lalu, peserta didik tinggal melanjutkan dengan gambar pola lantai dan level.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1.
Peserta didik mengemukakan pengalamannya selama mengerjakan tugas  berkelompok.
2.
Peserta didik bersama guru merangkum hasil pembelajaran hari ini









I.       Penilaian
Pertemuan 1
1.      Sikap spiritual
a.     Teknik Penilaian: Penilaian Diri
b.     Bentuk Instrumen: Skala Sikap Model Likert
c.      Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Menerima keragaman dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2
  1.  
Menanggapi  keragaman dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2
  1.  
Menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2

Jumlah
6
Instrumen: lihat Lampiran 1
2.      Pengetahuan
                       a.        Teknik Penilaian: Tes Tertulis
                       b.        Bentuk Instrumen: Tes Uraian/ Esay
                       c.        Kisi-kisi:
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Menjelaskan pengertian level pada tari
1
  1.  
Menjelaskan pengertian pola lantai pada tari
1
  1.  
Menjelaskan pengertian level dan pola lantai sesuai iringan
1

Jumlah
3
Instrumen: lihat Lampiran 2.
3.      Keterampilan
a.     Teknik Penilaian: Tes Praktek/Kinerja
b.     Bentuk Instrumen: Uji Petik Kerja
c.      Kisi-kisi:
No.
Keterampilan
  1.  
Mempraktekkan  gerak tari dengan menggunakan level
  1.  
Mempraktekkan gerak tari dengan menggunakan pola lantai
  1.  
Menyusun level dan pola lantai tari dalam bentuk laporan tertulis
Instrumen: lihat Lampiran 3

Pertemuan 2
1.  Sikap Sosial
a.  Teknik Penilaian: Observasi
b.  Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
c.   Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Menghargai orang lain dalam aktivitas berkesenian
1
2.
Jujur  dalam aktivitas berkesenian 
1
3.
Mengikuti aktivitas berkesenian secara disiplin
1

Jumlah
3
Instrumen: lihat Lampiran 4

2.  Keterampilan
a.  Teknik Penilaian: Tes Praktek/Kinerja
b.  Bentuk Instrumen: Uji Petik Kerja
c.   Kisi-kisi:
No.
Keterampilan
1.             
Mencipta gerak tari sesuai dengan iringan
2.             
Mendeskripsikan ragam gerak tari dengan hitungannya dari ragam pertama sampai ragan terakhir dari karya tari kelomok.
Instrumen: lihat Lampiran 5

Pertemuan 3
1.Sikap Sosial
a.  Teknik Penilaian: Observasi
b.  Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
c.   Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Menghargai orang lain dalam aktivitas berkesenian
1
2.
Jujur  dalam aktivitas berkesenian 
1
3.
Mengikuti aktivitas berkesenian secara disiplin
1
Instrumen: lihat Lampiran 4

2.Keterampilan
a.    Teknik Penilaian: Tes Praktek/Kinerja
b.    Bentuk Instrumen: Uji Petik Kerja
c.    Kisi-kisi:
No.
Keterampilan
1.
Mengombinasikan gerak tari  dengan  level dan pola lantai
2.
Membuat urutan ragam gerak tari dilengkapi penggunaan level dan pola lantai.
Instrumen: lihat Lampiran 6





                                                                                                           Indonesia , 15 Juli 2013 Mengetahui                                                                  
Kepala SMP MGMP Seni Budaya Indonesia                             Guru Mata Pelajaran



________________________                                                      Nurul Fatah
NIP. ...                                                                                                NIP. ...





Lampiran 1: Instrumen Penilaian Sikap Spiritual



 













Lampiran 2: Penilaian Pengetahuan

 
















































Ketrampilan 3: Tes Praktek/Kinerja


Penilaian Praktek/Kinerja Kelompok

Nama Kelompok: …………………………………..
Nama Anggota   : …………………………………..
                             ……………………………………..
Tanggal              : ………………………………………



No.

Aspek
Materi
Penggunaan Level Rendah
(A)
Penggunaan Level Sedang
(B)
Penggunaan Level Tinggi
(C)
Pola Lantai Garis Lurus
(D)
Pola Lantai Garis Lurus
(E)
1
Ketepatan penerapan
3
4
3
2
3
2
Variasi Gerak
3
3
4
3
3
Jumlah

6
7
7
5
6
Jumlah

31
Nilai Akhir
88,57
Nilai Akhir  (Jumlah ABCDE : 35) x 100

Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat  dengan rentang skor 1 sampai 5.
1 = sangat kurang; 2 = kurang; 3 = cukup; 4 = baik dan 5 = amat baik.


 
 
















































Lampiran 4: Penilaian Kompetensi Sosial





Penilaian Kompetensi Sosial


No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian Sikap
Jumlah
Nilai
A.     Menghargai orang lain dalam aktivitas berkesenian
B.     Jujur  dalam aktivitas berkesenian 
C.   Mengikuti aktivitas berkesenian secara disiplin
1
Balindra
3
5
4
12
80
2
Surya
2
5
4
11
73
3
dst






Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat  dengan rentang skor 1 sampai 5.
1 = sangat kurang; 2 = kurang; 3 = cukup; 4 = baik dan 5 = amat baik.


Nilai Akhir = (Jumlah ABC : 15) x 100

 
 















































Lampiran 5: Penilaian Praktek/Tes Kinerja



Penilaian Praktek/Kinerja Kelompok

Nama Kelompok: …………………………………..
Nama Anggota   : …………………………………..
                             ……………………………………..
Tanggal              : ………………………………………

A.Penilaian Praktek

No.

Aspek
Materi
Penggunaan Level Rendah
(A)
Penggunaan Level Sedang
(B)
Penggunaan Level Tinggi
(C)
Pola Lantai Garis Lurus
(D)
Pola Lantai Garis Lurus
(E)
1
Ketepatan penerapan





2
Variasi Gerak





Jumlah






Nilai Akhir A (Jumlah ABCDE : 35) x 100





B.Penilaian Mendeskripsikan Gerak Tari
No.
Aspek Penilaian Mendeskripsikan Ragam Gerak Tari
Skor
Catatan
1
Sistematika Runtut


2
Deskripsi Lengkap Satu Tarian Utuh


3
Kerapian Penulisan


Jumlah


Nilai Akhir B  (Jumlah skor : 15) x 100



Keterangan:
Skala penilaian praktek/kinerja dibuat  dengan rentang skor 1 sampai 5.
1 = sangat kurang; 2 = kurang; 3 = cukup; 4 = baik dan 5 = amat baik.

Nilai Akhir Praktek/Tes Kinerja = (NA A + NA B) : 2
 
 















































Lampiran 6: Penilaian Praktek/Tes Kinerja

Penilaian Praktek/Kinerja Kelompok

Nama Kelompok: …………………………………..
Nama Anggota   : …………………………………..
                             ……………………………………..
Tanggal              : ………………………………………

A.Penilaian Praktek
No.
Aspek Penilaian
Skor
Catatan
1
Kesesuaian Gerak Tari dengan Level


2
Kesesuaian gerak tari dengan pola lantai


3
Wiraga


4
Wirama


5
Wirasa


Jumlah



B.Penilaian Laporan Tertulis
No.
Aspek Penilaian Urutan Ragam Gerak Tari
Skor
Catatan
1
Sistematika Runtut


2
Deskripsi Lengkap Satu Tarian Utuh


3
Kejelasan penggunaan Level


4
Kejelasan Gambar pola lantai


5
Kerapian Penulisan


Jumlah




Keterangan:
Skala penilaian praktek/kinerja dibuat  dengan rentang skor 1 sampai 5.
1 = sangat kurang; 2 = kurang; 3 = cukup; 4 = baik dan 5 = amat baik.

Nilai Akhir = ((Jumlah A + Jumlah B) : 50) x 100
 
 














































Tidak ada komentar:

Posting Komentar