RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP MGMP
Seni Budaya Indonesia
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/semester : VII (Tujuh)/1 (Satu)
Materi Pokok : Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda
Alokasi Waktu : 4 Pertemuan (12 JP)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
A.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KI
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
1.1. Menerima,
menanggapi, dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
|
1.1.1 Menerima
keragaman dan keunikan karya gambar flora, fauna, dan alam benda sebagai anugerah
Tuhan
1.1.2
Menanggapi keragaman dan keunikan karya gambar
flora, fauna, dan alam benda sebagai anugerah Tuhan
1.1.3 Menghargai keragaman
dan keunikan karya gambar flora, fauna, dan alam benda sebagai anugerah Tuhan
|
|
2.1. Menunjukkan
sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
|
2.1.1 Menghargai
orang lain dalam mengapresiasi dan berkarya gambar flora, fauna, dan alam benda
2.1.2 Bersikap jujur
dalam mengapresiasi dan berkarya gambar flora, fauna, dan alam benda
2.1.3 Bersikap
disiplin dalam mengapresiasi dan berkarya gambar flora, fauna, dan alam benda
|
|
3.1. Memahami
konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
|
3.1.1 Mengidentifikasi
unsur-unsur gambar flora, fauna dan alam benda dengan tepat
3.1.2 Mengidentifikasi
prosedur berkarya gambar flora, fauna dan alam benda
|
|
4.1. Menggambar
flora, fauna dan benda alam
|
4.1.1 Menggambar
flora, fauna dan alam benda berdasarkan pengamatan objek dengan teknik basah
dan teknik kering
4.1.2 Menyajikan
gambar flora, fauna dan alam benda dalam diskusi di kelas
|
B.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menerima dengan baik keragaman dan keunikan gambar flora, fauna,
dan alam benda sebagai anugerah Tuhan
2.
Menghargai keragaman dan keunikan flora, fauna, dan alam benda sebagai
anugerah Tuhan
3.
Menghargai orang lain dalam menanggapi gambar flora, fauna, dan
alam benda
4.
Bersikap jujur dalam menanggapi gambar flora, fauna, dan alam
benda
5.
Bersikap disiplin dalam menanggapi gambar flora, fauna, dan alam
benda
6.
Mengidentifikasi unsur-unsur gambar flora, fauna dan alam benda
dengan benar.
7.
Mengidentifikai prosedur dan teknik menggambar flora, fauna dan
alam benda dengan benar
Pertemuan
Kedua
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menggambar objek flora dengan
teknik basah atau teknik kering
2.
Menghargai
orang lain dalam menggambar flora
3.
Menghargai orang
lain dalam menanggapi karya gambar
flora
4.
Bersikap disiplin dalam menggambar flora
5.
Bersikap
disiplin dalam menanggapi karya gambar
flora
Pertemuan
Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menggambar objek fauna
dengan teknik basah atau teknik kering
2.
Menghargai orang lain
dalam menggambar fauna
3.
Menghargai orang lain
dalam menanggapi karya gambar fauna
4.
Bersikap disiplin
dalam menggambar fauna
5.
Bersikap disiplin dalam menanggapi
karya gambar fauna
Pertemuan
Keempat
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik
diharapkan dapat:
1.
Menggambar objek alam
benda dengan teknik kering atau basah
2.
Menghargai orang lain
dalam menggambar alam benda
3.
Menghargai orang lain
dalam menanggapi karya gambar alam benda
4.
Bersikap disiplin
dalam menggambar alam benda
5.
Bersikap disiplin
dalam menanggapi karya gambar alam benda
C.
Materi Pembelajaran
Pertemuan
1
a.
Pengertian menggambar objek flora, fauna, dan alam benda
b.
Keragaman dan keunikan objek objek flora, fauna, dan alam benda
c.
Jenis bentuk objek: bentuk beraturan (kubistis dan silndris) dan
bentuk tidak beraturan
d.
Proporsi dan perspektif
e.
Komposisi simetris dan asimetris
f.
Teknik kering (arsir) dan teknik basah
g.
Prosedur menggambar: mengamati objek, membuat gambar lakaran, dan
menyelesaikan gambar dengan teknik kering atau teknik basah
Pertemuan 2
a.
Praktik menggambar objek flora
b.
Penyajian hasil gambar flora dalam diskusi kelas
Pertemuan
3
a.
Praktik menggambar objek fauna
b.
Penyajian hasil gambar fauna dalam diskusi kelas
Pertemuan
4
a.
Praktik menggambar objek alam benda
b.
Penyajian hasil gambar alam benda dalam diskusi kelas
D.
Metode Pembelajaran
1. Metode saintifik
2. Pembelajaran
berbasis masalah
E.
Sumber
Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(2013). Seni Budaya. Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Hal. 2 – 6).
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(2013). Seni Budaya. Buku Siswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (Hal. 8 – 10).
3. Henkes,
Robert (1965). Orientation to Drawing and
Painting. Scranton:
International Textbook Co.
4. Lingkungan sekitar: Objek flora, fauna, dan
alam benda
F.
Media Pembelajaran
1.
Media:
Contoh karya gambar flora,
fauna, dan alam benda (koleksi hasil karya murid)
Raggedy Sparrow Practice 5/ Chinese Brush Painting Birds Animals
Flowers
(http://m.youtube.com/#/videos?&desktop_uri=%2Fvideos)
How to Draw a Rose Step by Step Flower Drawing Turorial
(http://m.youtube.com/#/videos?desktop_uriFvideos)
Drawing of a cup and soucer (http://m.youtube.com/#/videos?desktop_uriFvideos)
2.
Alat dan
bahan:
Kertas gambar, pensil, penghapus,
dan pensil warna/pastel/cat cair.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a.
Pendahuluan (10 menit )
1)
Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
2)
Apersepsi: menunjukkan contoh karya gambar flora, fauna, dan alam
benda untuk membangkitkan minat peserta didik
3)
Menyampaikan tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan inti (100 menit)
Dalam kegiatan inti, peserta didik melakukan langkah-langkah
sebagai berikut:
1)
Menyaksikan video tentang prosedur dan teknik menggambar flora,
fauna, dan alam benda untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang tekait dengan
gambar flora, fauna, dan alam benda.
2)
Merumuskan masalah-masalah pokok: apa pengertian menggambar flora,
fauna, dan alam benda dan bagaimana prosedur dan teknik melakukannya.
3)
Mengumpulkan data tentang pengertian, prosedur, dan teknik menggambar
flora, fauna, dan alam benda dengan membaca buku siswa, mengamati contoh
gambar, dan menyaksikan video.
4)
Menganalisis data untuk menyimpulkan pengertian, prosedur, dan teknik
menggambar flora, fauna, dan alam benda
5)
Membuat Powepoint
tentang pengertian, prosedur, dan teknik menggambar flora, fauna, dan alam
benda untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas
6)
Menyajikan Powerpoint
tersebut untuk mendapatkan tanggapan dari peserta didik dan guru
c.
Penutup
Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
1)
Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pemahaman tentang pengertian,
prosedur, dan teknik menggambar flora, fauna, dan alam benda.
2)
Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses
dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)
Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat
untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya yakni menggambar flora.
Pertemuan Kedua
a.
Pendahuluan (10 menit )
Dalam kegiatan pendahuluan, guru melakukan
langkah-langkah sebagai berikut:
1)
Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
2)
Apersepsi: menayangkan video tentang menggambar flora untuk membangkitkan
minat peserta didik
3)
Menyampaikan tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan inti (100 menit)
Dalam kegiatan inti, peserta didik melakukan langkah-langkah
sebagai berikut:
1)
Mengamati guru memberi contoh menggambar flora untuk
mengidentifikasi permasalahan dalam menggambar objek tersebut
2)
Merumuskan masalah pokok: bagaimana menerapkan prosedur dan teknik
menggambar objek flora
3)
Mengumpulkan data tentang karakteristik objek, perspektif,
komposisi, serta prosedur dan teknik menggambar objek flora, dengan membaca
buku siswa dan menyaksikan video
4)
Menganalisis karakteristik objek yang digambar, perspektif,
komposisi, serta prosedur dan teknik, untuk mewujudkan gagasan penciptaan
gambar objek flora
5)
Mencipta gambar flora: mewujudkan gagasan tersebut dengan
menggunakan alat dan bahan yang dipilih.
6)
Menyajikan hasil karya gambar flora dalam diskusi di kelas untuk
mendapatkan tanggapan dari peserta didik dan guru.
c.
Penutup
Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
1)
Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan prosedur dan teknik
menggambar flora.
2)
Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses
dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)
Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat untuk
kegiatan pembelajaran berikutnya yakni menggambar fauna.
Pertemuan Ketiga
a.
Pendahuluan (10 menit )
Dalam kegiatan pendahuluan guru melakukan
langkah-langkah sebagai berikut:
1)
Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
2)
Apersepsi: menayangkan video tentang menggambar fauna untuk membangkitkan
minat peserta didik
3)
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.
Kegiatan inti (100 menit)
Dalam kegiatan inti, peserta didik melakukan langkah-langkah
sebagai berikut:
1)
Mengamati guru memberi contoh menggambar untuk mengidentifikasi permasalahan
dalam menggambar fauna
2)
Merumuskan masalah pokok: bagaimana menerapkan prosedur dan teknik
menggambar objek fauna
3)
Mengumpulkan data tentang karakteristik objek, perspektif,
komposisi, serta prosedur dan teknik menggambar objek fauna, dengan membaca
buku siswa dan menyaksikan video
4)
Menganalisis karakteristik objek yang digambar, perspektif,
komposisi, serta prosedur dan teknik, untuk mewujudkan gagasan penciptaan
gambar objek fauna
5)
Mencipta gambar fauna: mewujudkan gagasan tersebut dengan
menggunakan alat dan bahan yang dipilih.
6)
Menyajikan hasil karya gambar fauna dalam diskusi di kelas untuk
mendapatkan tanggapan dari peserta didik dan guru
c.
Penutup
Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
1)
Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan prosedur dan teknik
menggambar fauna.
2)
Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses
dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)
Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat
untuk kegiatan pembelajaran berikutnya yakni menggambar alam benda.
Pertemuan Keempat
a.
Pendahuluan (10 menit )
Dalam kegiatan pendahuluan, guru melakukan
langkah-langkah sebagai berikut:
1)
Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
2)
Apersepsi: menayangkan video tentang menggambar flora untuk membangkitkan
minat peserta didik
3)
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.
Kegiatan inti (100 menit)
Dalam kegiatan inti, peserta didik melakukan langkah-langkah
sebagai berikut:
1)
Mengamati guru memberi contoh menggambar untuk mengidentifikasi permasalahan
dalam menggambar alam benda
2)
Merumuskan masalah pokok: bagaimana menerapkan prosedur dan teknik
menggambar objek alam benda
3)
Mengumpulkan data tentang karakteristik objek, perspektif,
komposisi, serta prosedur dan teknik menggambar objek alam benda, dengan
membaca buku siswa dan menyaksikan video
4)
Menganalisis karakteristik objek yang digambar, perspektif, komposisi,
serta prosedur dan teknik, untuk mewujudkan gagasan penciptaan gambar objek
alam benda
5)
Mencipta gambar alam benda: mewujudkan gagasan tersebut dengan
menggunakan alat dan bahan yang dipilih.
6)
Menyajikan hasil karya gambar alam benda dalam diskusi di kelas
untuk mendapatkan tanggapan dari peserta didik dan guru.
c.
Penutup
Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
1)
Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan prosedur dan teknik
menggambar flora.
2)
Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses
dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)
Guru memberikan tugas kelompok untuk menyajikan seluruh hasil
karya gambar flora, fauna, dan alam benda dalam pameran kelas.
H. Penilaian
1. Sikap
spiritual
a. Teknik Penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen: Skala
c. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
No. Butir
|
|
Menerima dengan baik keragaman dan keunikan karya gambar flora,
fauna, dan alam benda sebagai anugerah Tuhan
|
1 (a,
b, c)
|
|
Menghargai keragaman dan keunikan karya gambar flora, fauna, dan
alam benda sebagai anugerah Tuhan
|
2 (a,
b, c)
|
Instrumen:
lihat Lampiran 1.
2. Sikap
sosial
a. Teknik Penilaian : Pengamatan
b. Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi :
1) Penilaian sikap sosial untuk diskusi
No.
|
Nilai
|
Deskripsi
|
No. Butir
|
1
|
Menghargai orang lain
|
Menghargai orang lain pendapat orang lain
|
1
|
2
|
Jujur
|
Mengekspresikan gagasan dengan jujur
|
2
|
3
|
Disiplin
|
Mengikuti kegiatan diskusi degan disiplin
|
3
|
Instrumen:
lihat Lampiran 2 b
2) Penilaian sikap sosial dalam untuk kegiatan menanggapi karya dan
berkarya
Objek gambar: Flora/Fauna/dan Alam Benda
No.
|
Nilai
|
Deskriptor
|
No. Butir
|
|
Menghargai orang lain
|
Menghargai orang lain dalam menanggapi karya gambar
|
1
|
Menghargai orang lain dalam menggambar
|
2
|
||
|
Jujur
|
Menunjukkan sikap jujur dalam menanggapi karya gambar
|
3
|
Menunjukkan sikap jujur dalam menggambar
|
4
|
||
|
Disiplin
|
Bersikap disiplin dalam menanggapi karya gambar
|
5
|
Bersikap disiplin dalam menggambar
|
6
|
Instrumen: lihat Lampiran
2 b
3. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Objektif
b. Bentuk Instrumen : Tes isian singkat
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
No. Butir
|
|
Mengidentifikasi unsur-unsur gambar flora, fauna dan alam benda
dengan benar
|
1-4
|
|
Mengidentifikasi prosedur dan teknik menggambar flora, fauna dan
alam benda dengan benar
|
6-10
|
Instrumen: lihat Lampiran 3
4. Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian : Tes praktik
b.
Bentuk
Instrumen: Tes uji petik kerja
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
No. Butir
|
|
Menggambar flora dengan baik
|
1
|
|
Menggambar fauna dengan baik
|
2
|
|
Menggambar alam benda dengan baik
|
3
|
Instrumen:
lihat Lampiran 4
Indonesia , 15 Juli 2013
Mengetahui
Kepala SMP Seni Budaya Indonesia Guru Mata Pelajaran
____________________ Nurul Fatah
NIP. ... NIP.
Lampiran
1. Instrumen Penilaian
Sikap Spiritual
Nama :
______________________________
Kelas :
______________________________
Petunjuk
Berilah tanda
silang (X) sesuai dengan pendapat Anda.
(Diisi oleh peserta didik)
Pernyataan
|
Pilihan
|
|||
STS
|
TS
|
S
|
SS
|
|
1.
Keunikan dan keragaman karya gambar flora
merupakan anugerah Tuhan yang patut ….
|
|
|
|
|
b.
diterima.
|
|
|
|
|
c.
dihargai.
|
|
|
|
|
2.
Keunikan dan keragaman karya gambar fauna
merupakan anugerah Tuhan yang patut ….
|
|
|
|
|
a.
diterima.
|
|
|
|
|
b.
dihargai.
|
|
|
|
|
3.
Keunikan dan keragaman karya gambar alam
benda merupakan anugerah Tuhan
yang patut ….
|
|
|
|
|
a.
diterima.
|
|
|
|
|
b.
dihargai.
|
|
|
|
|
Keterangan
SS = Sangat Setuju, skor = 4
S = Setuju, skor = 3
TS = Tidak Setuju, = 2
STS =
Sangat Tidak Setuju = 1
Pedoman Penskoran:
Untuk
setiap aspek nilai, pilihan berkisar dari “sangat tidak setuju” dengan skor 1
sampai “sangat setuju” dengan skor 4, maka untuk keenam butir jumlah skor yang
diperoleh berkisar antara 6 sampai 24.
Lampiran 2 a : Lembar
Pengamatan Sikap Sosial
untuk Kegiatan Diskusi
Nama :
______________________________
Kelas :
______________________________
Petunjuk:
Berilah
tanda silang (X) sesuai dengan kondisi peserta didik. (Diisi
oleh guru)
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Menghargai pendapat orang lain dalam diskusi
|
|
|
2
|
Mengungkapkan gagasannya secara jujur dalam diskusi
|
|
|
3
|
Mengikuti kegiatan diskusi secara disiplin
|
|
|
Keterangan
A = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
Pedoman Penskoran:
Pilihan “Ya” diberi skor
1, sedangkan pilihan “Tidak” diberi skor 0. Karena soal berjumlah 3 butir, maka
jumlah skor berkisar antara 0 sampai 3.
Lampiran 2 b : Lembar
Pengamatan Sikap Sosial
untuk Kegiatan Menanggapi Karya
dan Berkarya
Nama :
______________________________
Kelas :
______________________________
Petunjuk:
Berilah
tanda silang (X) sesuai dengan kondisi peserta didik. (Diisi
oleh guru)
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Menghargai orang lain dalam menanggapi karya gambar
|
|
|
2.
|
Menghargai orang lain dalam menggambar
|
|
|
3.
|
Bersikap disiplin dalam menanggapi karya gambar
|
|
|
4.
|
Bersikap disiplin dalam menggambar
|
|
|
Pedoman Penskoran:
Pilihan “Ya” diberi skor
1, sedangkan pilihan “Tidak” diberi skor 0. Karena soal berjumlah 4 butir, maka
jumlah skor berkisar antara 0 sampai 4.
Lampiran 3.
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Nama : ______________________________
Kelas : ______________________________
Soal :
Isilah titik-titik di bawah
ini dengan jawaban singkat!
1. Objek … berupa
beragam tumbuh-tumbuhan.
2.
Objek … berupa beragam binatang.
3.
Objek … berupa beragam benda mati.
4.
Susunan atau letak objek-objek dalam karya gambar disebut ….
5.
Perbandingan antara satu bagian dengan bagian lain pada bentuk
suatu objek disebut ….
6.
Penampakan benda dari sudut pandang orang yang menggambar disebut
….
7.
Pensil, pensil warna, bolpoin, dan krayon merupakan bahan teknik ….
8.
Cat air dan cat poster merupakan bahan teknik ….
9. Tahap awal
menggambar objek objek secara bagan disebut ….
10. Membuat kesan
gelap-terang dengan teknik kering pada gambar disebut teknik ….
Kunci Jawaban :
1. Flora
2. Fauna
3. Alam benda
4. Komposisi
5. Proporsi
|
6. Perspektif
7. Kering
8. Basah
9. Melakar
10. Arsir
|
Pedoman Penskoran:
Setiap jawaban benar diberi skor 1, sedangkan jawaban salah diberi
skor 0. Karena soal berjumlah 10 butir, maka jumlah skor berkisar antara 0
sampai 10.
Lampiran 4.
Instrumen Penilaian Keterampilan
Nama : ______________________________
Kelas : ______________________________
Soal:
1.
Gambarlah sebuah objek flora dengan ketentuan sebagai berikut:
Objek : Bunga, buah, atau umbi yang
terdapat di lingkunganmu
Bahan/alat : Pensil warna, krayon, atau cat air
Ukuran
kertas : A4
Waktu : 100 Menit
2.
Gambarlah sebuah objek fauna dengan ketentuan sebagai berikut:
Objek : Burung, ayam, itik, atau
jenis unggas lainnya
Bahan/alat : Pensil warna, krayon, atau cat air
Ukuran
kertas : A4
Waktu : 100 Menit
3.
Gambarlah sebuah objek alam benda dengan ketentuan sebagai
berikut:
Objek : Vas bunga, teko, cangkir,
atau benda putar lainnya
Bahan/alat : Pensil 2B atau 3B
Ukuran
kertas : A4
Waktu : 100 Menit
Rubrik
Penilaian Menggambar
Objek : Flora/Fauna/Alam Benda *)
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1
|
Ketepatan bentuk
|
|
|
|
|
2
|
Komposisi
|
|
|
|
|
3
|
Teknik
|
|
|
|
|
Keterangan:
A = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
*) Coret yang tidak perlu
Pedoman
penskoran
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria |
Skor |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1
|
Ketepatan bentuk
|
|
|
|
|
(1 – 4) |
2
|
Komposisi
|
|
|
|
|
(1 – 4) |
3
|
Teknik
|
|
|
|
|
(1 – 4) |
Jumlah |
(3 – 12) |
Untuk setiap aspek yang dinilai, pilihan berkisar dari “kurang”
dengan skor 1 sampai “sangat baik” dengan skor 4, maka untuk ketiga butir jumlah
skor yang diperoleh berkisar antara 3 sampai 12.
Bagus, terima kasih contoh2 RPP nya,..pa lagi kalau lengkap
BalasHapus